Home » Berita Utama » Coffee Morning di Sungai Garam, Bupati H Suyatno: Jadikan Bagansiapiapi Kota Wisata

Coffee Morning di Sungai Garam, Bupati H Suyatno: Jadikan Bagansiapiapi Kota Wisata

SumatraTimes.co.id – Usai meresmikan SPBU Pertamina di Jalan Bintang, Kepenghuluan Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, Selasa, 21 Januari 2020, Bupati Rohil H Suyatno menghadiri acara coffee morning di Jalan Sungai Garam, Kota Bagansiapiapi.

Acara coffee morning ini diselengarakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Pemkab Rohil. Dihadiri segenap unsur Forkopimda Rohil. Ada Kajari Gaos Wicaksono, Kapolres AKBP M Mustofa, Dandim 0321 Rohil Letkol Agung Rachman Wahyudi, Ketua PN Rohil, Wakil Ketua DPRD Rohil, Kadis LH Rohil Suwandi SSos, pengusaha kedai kopi, beberapa Kepala OPD Pemkab Rohil lainnya, serta Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SIk.

Kehadiran Bupati Rohil H Suyatno diacara coffee morning di kawasan Jalan Sungai Garam, sebagai dukungan mewujudkan Kota Bagansiapiapi sebagai Kota Wisata Ngopi, dan sejarah. Apa lagi beberapa minggu ini kawasan Jalan Sungai Garam tersebut telah ditata dan dihias.

Selain diisi dengan acara bincang-bincang dan minum coffee, juga diisi dengan makan durian, apa lagi di Kota Bagansiapiapi saat ini sedang banyak pedagang buah durian. Mahalnya harga durian, menyebabkan acara coffee morning pun ramai.

Bupati Rohil H Suyatno mengatakan Sungai Garam mempunyai kenangan historis yang berhubungan erat dengan perkembangan Kota Bagansiapiapi,  yang dulunya dikenal sebagai kota penghasil ikan nomor dua di dunia. Sungai ini, terang Bupati, beratus tahun yang lalu merupakan tempat kapal berlabuh dan bongkar-muat barang, sehingga menjadi kota yang riuh dengan perdagangan.

“Sekarang Sungai Garam ini kita percantik, sehingga bisa ramai dikunjungi orang. Bisa sebagai tempat foto-foto,  berwisata ” kata Bupati Rohil H Suyatno, saat itu bersama Kadis LH Pemkab Rohil Suwandi S Sos, dan Pj Kadis Infokom Pemkab Rohil H Hermanto, Selasa, 21 Januari 2020.

Menjadikan Sungai Garam sebagai tempat wisata ngopi, terutama pada malam hari, Pemkab Rohil melalui Dinas LH Pemkab Rohil memasang berbagai lampu hias.

“Agar indah di malam hari, Sungai Garam ini kita pasang lampu-lampu beraneka warna. Lampu-lampu ini supaya dijagalah untuk keindahan kota kita. Ini milik kita bersama,” ujar Bupati H Suyatno.

Mewujudkan Kota Bagansiapiapi sebagai Kota Wisata, juga perlu peran serta masyarakat. Sehingga kepada seluru masyarakat yang datang dan yang berdomisili di Kota Bagansiapiapi untuk menjaga kebersihan dan ketentraman.

“Dikesempatan ini saya berterima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup, kepada jajaran pasukan kuning yang setiap saat, siang dan malam, membersihkan Kota Bagansiapiapi. Ini sangat terpuji bagi saya,” tambah Bupati H Suyatno.

Kadis DLH Pemkab Rohil Suwandi S Sos menambahkan pada 2020 ini Pemkab Rohil menjadikan Sungai Garam menjadi sungai yang indah, bersih dan ramai dikunjungi wisatawan lokal, kuar daerah,  dan wisatawan luar negeri. Batu miring yang ada dipinggir sungai, dan pepohonan, kata Kadis, itu akan dicat berwarna-warni, dikasi lampu yang terang sehingga lebih menarik dan indah di malam hari, serta dihias dengan air mancur.

“Setelah ini kami akan membenahi taman wisata di Jembatan Pedamaran. Akan kita bangun tempat permainan anak-anak, serta panggung hiburan dan sebagainya. Pada 2020 ini semua taman kota kita tata dan percantik agar bisa dimanfaatkan masyarakat banyak, dan masyarakat terhibur,” pungkasnya. (amran)

Redaksi: Amran
x

Check Also

Disdikbud Rohil Klarifikasi Tuduhan Intervensi Terkait Dak Fisik 2020

  SumatraTimes.Co.Id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir mengklarifikasi dan membantah tuduhan Intervensi ...