Home » Fokus Rohil » Gedung Baru Puskesmas Bagan Punak Segera Diresmikan
Heading baru Puskesmas Bagan Punak segera diresmikan. foto Amran

Gedung Baru Puskesmas Bagan Punak Segera Diresmikan

SumatraTimes.co.id – Puskesmas Bagan Punak akan menempati gedung baru yang berada di Bundaran Tugu Gong di Batu Enam, Jalan Kecamatan. Peresmian dan penempatan gedung baru Puskesmas Bagan Punak tersebut direncanakan akan diresmikan pada awal bulan Februari 2020.
“Gedung Puskesmas Bagan Punak di Bundaran Tugu Gong itu segera diresmikan, mungkin kamis minggu depan. Sekitar dua hari lagi kita akan adakan rapat persiapan peresmiannya, ” kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Rohil Hj Dahniar MKes, di Hutan Kota Bagansiapiapi, Senin, 27 Januari 2020.
Dikatakan Dahniar, sebagian fasilitas kesehatan yang ada di gedung lama Puskesmas Bagan Punak sudah dipindahkan ke gedung puskesmas baru. “Peralatan dan fasilitas di Puskesmas baru Bagan Punak lebih lengkap. Gedungnya juga lebih bagus dan lebih luas,” ujar Dahniar.
Sementara mengenai rencana bekas SMP Negeri 2 dijadikan sebagai Puskesmas Bagan Hulu, dijelaskan Dahniar, kemungkinan Pemkab Rohil akan menjadikannya sebagai Puskesmas Pembantu (Pustu). Sebab,  kata Dahniar, untuk membangun satu Puskesmas harus memenuhi beberapa sarat.
“Ada beberapa sarat pendirian puskesmas.  Diantaranya minimal penduduk di Bagan Hulu itu minimal 5.000 jiwa, dan kalau di sana ada Puskesmas juga, maka di Kecamatan Bangko ada tiga puskesmas. Jadi kemungkinan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang akan kita bangun,” jelasnya.
Sementara mengenai BPJS Kesehatan, dikatakan Dahniar, meski ada kenaikan iuran, Pemkab Rohil tetap membayarkan sesuai besar iuran. “Pembiayaan iurannya kan APBD. Tetap dibayarkan sesuai besar kenaikan iuran tersebut,” kata Dahniar. (Amran)
Redaksi/Editor: Amran
x

Check Also

Covid 19 di Rohil: Positif 30 Orang, 4 Sembuh dan Tunggu Hasil Swab 1049

BAGANSIAPIAPI, sumatratimes.co.id – Hingga hari ini total pelaku perjalanan yang masih dikarantina rumah sebanyak 722 ...