Home » Berita Utama » Pemkab Rohil Sulap Hutan Kota Menjadi Objek Wisata
Bupati H Suyatno bernama Kadis LH Rohil Suwandi, beserta Kepala OPD di kawasan hutan kota. foto amran

Pemkab Rohil Sulap Hutan Kota Menjadi Objek Wisata

SumatraTimes.co.id – Menambah objek wisata di Kota Bagansiapiapi, Pemkab Rohil memoles Hutan Kota di Kepenghuluan Bagan Punak Meranti menjadi objek wisata. Hutan Kota yang lama terbiar menjadi semak belukar, akan dijadikan sebagai tempat berlibur.

Pencanangan Hutan Kota dijadikan sebagai objek wisata dilakukan Bupati Rohil H Suyatno,  Senin, 27 Januari 2020. Ditandai dengan penandatanganan dan penanaman pohon. Hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Rohil Suwandi SSos, Kadiskes Hj Dahniar, Asisten H Ali Asfar, Camat Bangko Rijalul Fikri, serta para Lurah dan Datuk Penghulu se Kecamatan Bangko.

Bupati Rohil H Suyatno di dampingi Kadis DLH menanam pohon di hutan taman kota baru baru ini ( photo : Andy)

Bupati H Suyatno mengatakan Pemkab Rohil serius menyulap Hutan Kota ini menjadi objek wisata. “Kita alokasikan anggarannya Rp7 miliar. Dengan angaran Rp7 miliar tentu banyak yang akan diperbuat,” kata Bupati H Suyatno, usai pencanangan.

Objek Wisata Hutan Kota ini,  kata Bupati H Suyatno, akan ada kolam, sebagai arena perahu atau sampan kayuh. Senso ito Bupati meminta agar danau buatan yang dibuat tahun lalu diperlebar. Selain itu, kata  Bupati,  juga akan dibangun air terjun buatan setinggi lima meter  di sekitar kolam atau danau buatan itu.

“Kepada Pak Suwandi segera susun konsepnya. Tapi yang jelas Hutan Wisata ini harus dialiri tiang dan kabel listrik, dilengkapi lampu sorot yang terang,  sehingga nantinya Hutan Kota ini terang benderang terutama di waktu malam,” jelas Bupati H Suyatno.

Bupati H Suyatno berharap dengan perencanaan dan pengerjaan sesuai waktu, Objek Wisata Hutan Kota sudah siap selesai dikerjakan sebelum perhelatan MTQ Riau 2021 diselengarakan di Kota Bagansiapiapi.

“Sebelum pelaksanaan MTQ Riau 2021 di Bagansiapiapi, objek wisata Hutan Kota ini harus sudah selesai. Harus sudah siap. Kalau nanti Rp7 miliar itu tidak cukup, akan kita tambahkan lagi,” tambah Bupati.

Bupati H Suyatno Kagum, Hutan kota di sulap oleh DLH Rohil menjadi tempat yang indah, ada kolam buatannya.

Kadis Lingkungan Hidup Pemkab Rohil  Suwandi SSos MSi mengatakan Hutan Kota ini seluas 6 hektarya. Rencananya danau di Hutan Kota ini akan dilengkapi fasilitas permainan anak-anak termasuk di pulau buatan di tengah danau ada beberapa patung hewan. Kemudian, kata Suwandi, juga ada air terjun dan air mancur buatan.

“Insya Allah pada tahun 2020 juga kita sudah mempunyai Hutan Kota yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Suwandi.

Disampaikan Suwandi, dimohonkan dukungan kepada masyarakat, Terutama di Kecamatan Bangko agar dapat sama-sama turut serta menjaga keberadaan Hutan Kota ini. “Dengan cara tidak menebang pohon yang ada di sini, sekaligus menjaga kebersihannya,” tambah Suwandi. (amran)

Redaksi/editor: Amran
x

Check Also

Kadisdikbud HM Nurhidayat: Sekolah di Rohil Siap Belajar Tatap Muka

SumatraTimes.co.id – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Rohil Rudyanto mengatakan status Covid-19 di Rohil adalah zona ...