Home » Berita Utama » Kapolda Riau Resmikan Posko Relawan Karhutla
Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, bersama Gubri H Syamsuar serta Forkopimprov Riau meresmikan Posko Relawan Karhutla. foto amran

Kapolda Riau Resmikan Posko Relawan Karhutla

SumatraTimes.co.id – Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi, meresmikan posko relawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Acara ini dihadiri Gubernur Riau H Syamsuar.

Peresmian Posko Relawan Karhutla ini berada di Kompleks Purna MTQ di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Kamis (30/1/2020).

“Alhamdulillah Pak Kapolda menginisiasi dengan mengajak para relawan untuk bersama-sama usaha pencegahan sekaligus usaha pemadaman. Sehingga tentunya harapan kita semakin cepat kalau terjadinya kebakaran segera cepat dipadamkan apinya tidak meluas dan mengganggu masyarakat karena asapnya,” kata Gubernur Riau Syamsuar.

Syamsuar optimistis dengan posko relawan bisa lebih optimal dalam penanggulangan Karhutla. Semakin banyak relawan, tentunya lebih optimis dalam pencegahan.

“Sebabkan yang menjadi persoalan kini adalah kesadaran masyarakat kita disebabkan ekonomi, juga disebabkan adanya orang-orang yang punya kepentingan untuk mengolah lahan dan untuk ambil kayunya. Semakin ramai kita semakin ramai menyampaikan masyarakat semakin tumbuh kesadaran tentunya akan mengurangi kebakaran,” tambah Syamsuar.

Namun demikian, Syamsuar menyebutkan sampai saat ini pihaknya belum menetapkan siaga darurat Karhutla di tahun 2020 ini. Alasannya sejauh ini, walau sejumlah kabupaten ada kebakaran lahan, belum ada yang menetapkan siaga.

“Karena situasikan kalau kita hari ini menetapkan siaga darurat, kan siaga daruratnya kan harus ada salah satu kabupaten dulu menetapkan siaga darurat. Walau di Kabupaten Bengkalis ada api kemaren, tapi semuanya dapat ditangani. Jadi belum sampai kita menetapkan siaga darurat,” kata Syamsuar. (sumber: detikcom)

 

Redaksi/Editor : Amran

x

Check Also

Kadisdikbud HM Nurhidayat: Sekolah di Rohil Siap Belajar Tatap Muka

SumatraTimes.co.id – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Rohil Rudyanto mengatakan status Covid-19 di Rohil adalah zona ...