Home » Berita Utama » Diresmikan Direktur Fasyankes, Puskesmas Bagan Punak Termegah di Indonesia
Direktur Fasyankes Kemenkes RI Andi Saguna, Bupati H Suyatno, Kejari Gaos Wicaksono, Ketua DPRD Maston,Kadiskes Hj Dahniar dan staf Puskesmas Bagan Punak. f-amran

Diresmikan Direktur Fasyankes, Puskesmas Bagan Punak Termegah di Indonesia

SumatraTimes.co.id – Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Kementerian Kesehatan RI, dr Andi Saguni MA, bersama BupatI Rohil H Suyatno AMP, meresmikan gedung baru Puskesmas Bagan Punak, Kecamatan Bangko, dan gedung baru Puskesmas Rimba Melintang, Rokan Hilir.

Bersamaan dengan peresmian Puskesmas, juga diresmikan masing-masing tiga unit rumah dinas, yang diperuntukan buat rumah dinas dokter, perawat dan tenaga medis Puskesmas Bagan Punak, dan Puskesmas Rimba Melintang.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh BupatI Rohil H Suyatno, bersama Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Kementerian Kesehatan RI, dr Andi Saguni MA, serta penguntingan pita.

Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Kementerian Kesehatan RI, dr Andi Saguni MA, menyampaikan rasa bangga Kementerian Kesehatan RI atas pembangunan gedung baru Puskesmas Bagan Punak.

Direktur Fasyankes Kemenkes RI dr Andi Saguna MA, Bupati H Suyatno dan Kadiskes Hj Dahniar mengunting pita peresmian gedung baru Puskesmas Bagan Punak. f-amran

“Saya bangga dan senang sekali ternyata amanah pada apa yang diberikan pemerintah pusat. Puskesmas ini megah, bagus sekali, dan ini saya harus bilang bahwa salah satu puskesmas yang terbaik di Indonesia,” kata Direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni MA, saat peresmian.

Sekali lagi, jelasnya, pemerintah pusat melalui Kemenkes RI mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati H Suyatno, juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Rohil Hj Darniar, yang telah sama-sama dengan Kementerian Kesehatan mengawal pembangunan gedung baru Puskesmas Bagan Punak.

“Sehingga gedung Puskesmas yang dibangun tidak kalah bagus dengan gedung Puskesmas di Jakarta, dan di Pulau Jawa. Sudah tiga tahun lebih saya menjadi di Direktur Fasyankes, ini Puskesmas yang terbaik yang pernah saya kunjungi. Tapi di daerah-daerah lain saya agak kecewa ternyata tidak seperti yang kita harapkan. Tetapi di Rokan Hilir ini luar biasa, dan ada kepercayaan bagi kami untuk selanjutnya,” ujar Andi Saguni.

Bupati Rohil H Suyatno menyempaikan apresiasi dan terimakasih kepada Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Kementerian Kesehatan RI, dr Andi Saguni MA, atas kesediaan berkunjung dan meresmikan gedung baru Puskesmas Bagan Punak.

Selain itu, Bupati H Suyatno juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada kontraktor yang telah membangun gedung baru Puskesmas Bagan Punak, serta kepada Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Rohil Hj Dahniar, dan lainnya. Kadiskes Hj Dahniar, kata Bupati sangat luar biasa perjuangannya bolak-balik (Jakarta – Bagansiapiapi), bahkan sampai ke Sinaboi.

“Kami tidak menyangka pembangunan gedung baru Puskesmas Bagan Punak begitu cepat. Lebih kurang 5 bulan. Sehingga rampung bangunan ini, sebagai mana disaksikan bersama-sama,” kata Bupati H Suyatno.

Bupati juga mewanti-wanti agar pembangunan gedung yang cepat tetap memperhatikan kesiapan dan keselamatan. Selain itu, Bupati H Suyatno juga meminta Gedung Baru Puskesmas Bagan Punak yang indah dan cantik itu dapat terjaga dan tidak rusak, dan barang-barang di Puskesmas tidak berhilangan. “Kepala Puskesmas diminta tegas dalam hal ini,” ujar Bupati.

Bupati H Suyatno juga menginginkan halaman depan Puskesmas Bagan Punak, yang masih bertimbun tanah diaspal dan ditengah-tengah dibangun air mancur. Pepohonan yang ada di sekitar Puskesmas, ucap Bupati, juga dihiasi dengan lampu. Bupati H Suyatno memberi limit waktu satu minggu.

“Halaman agar di aspal, sebab debunya sangat-sangat luar biasa. Harus terang dan bersinar di malam hari. Kenapa saya ingin Puskesmas ini harus cantik? Sebab Puskesmas ini pintu masuk ke Kota Bagansiapiapi. Sehingga harus cantik, harus terang dan lampunya bersinar menari-nari di malam hari, sehingga menjadi kesan kepada yang datang kemari,” terang Bupati.

Kadiskes Pemkab Rohil Hj Dahniar mengatakan pembangunan Puskesmas Bagan Punak bersumber dari dana afirmasi dianggarkan pada APBD 2019 dengan pagu anggaran Rp5,913 miliar, serta tiga unit rumah jabatan dengan pagu anggaran Rp1,2 miliar.

Pembangunan gedung puskesmas serupa sebelumnya juga sudah dilakukan pada Puskesmas Sinaboi pada 2017, dan Puskesmas Bagansiapiapi pada 2018. “Pada tahun 2020 ini juga dapat untuk daerah perbatasan, yaitu Panipahan,” ujar Dahniar. (amran)

Redaksi/Editor: Amran

x

Check Also

Piala Dunia U-20, PSSI: Masalah Bali Terkait Lapangan Latihan

SumatraTimes.co.id – PSSI mengungkapkan permasalahan Bali sebagai venue Piala Dunia U-20. Bali bermasalah dengan lapangan ...