Home » Berita Utama » Bupati Rohil H Suyatno Lepas Pawai Cap Go Meh 2571/2020
Ketua YMTI Bagansiapiapi Rendi Gunawan memberikan plakat kepada Bupati Rohil H Suyatno pada malam Cap Go Meh 2751. foto amran

Bupati Rohil H Suyatno Lepas Pawai Cap Go Meh 2571/2020

SumatraTimes.co.id – Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno, Sabtu, 8 Februari 2020, menghadiri dan melepas Festival Lampion Cap Go Meh 2571/2020, yang digagas Yayasan Multi Marga Tionghoa Indonesia (YMMI) Kota Bagansiapiapi, Rohil.

Sebagai mana tahun-tahun sebelumnya, peserta Festival Lampion Cap Go Meh 2571/2020 ini berasal dari vihara-vihara yang berada di Kota Bagansiapiapi. Tiap peserta pawai membawa lampion berbentuk tikus, sesuai dengan Shio Tikus Logam Tahun Imlek 2571/2020.

BupatI Rohil H Suyatno mengatakan malam Festival Lampion Cap Go Meh 2571/2020 di Kota Bagansiapiapi terasa ramai sekali. Pemda Rohil, sebut Bupati H Suyatno, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Yayasan Multi Marga Indonesia (YMMI) Bagansiapiapi yang telah menyelenggarakan kegiatan Festival Lampion, yang diikuti seluruh marga Tionghoa yang ada di Kota Bagansiapiapi.

Pawai Cap Go Meh di Bagansiapiapi berlangsung meriah. foto amran

Selain itu, Bupati H Suyatno juga menyampaikan apresiasi kepada beberapa organisasi pemuda dan ormas, Panitia Penyelenggara Festival Lampion Cap Go Meh 2571/2020, kepada Kapolres Rohil dan jajaran, atas terselengaranya malam festival lampion dengan aman dan lancer.

“Kota Bagansiapiapi di malam hari ini cukup ramai dan kita juga bersama-sama memeriahkan malam ini. Malam ini suatu malam yang luar biasa, banyak peserta yang ikut serta dengan membawa berbagai ornament,”  kata Suyatno.

Disebabkan berbagai lampion yang diikutsertakan pada festival dinilai Bupati H Suyatno semuanya cantik-cantik, ia meminta 4 atau 6 unit lampion sebagai hiasan kota.

“Letaknya nanti akan kita atur. Jangan dibawa pulang ke Pekanbaru semua. Tinggalkan 6 buah di Kota Bagansiapiapi,” ujar Bupati Suyatno.

Bupati H Suyatno, Ketua YMMI Bagansiapiapi Rendi Gunawan bersama Forkopimda Rohil di malam perayaan Cap go Meh 2571. foto amran

Dikatakan Bupati H Suyatno, ia ingin Kota Bagansiapiapi ini dihiasi dengan berbagai lampu atau lampion, tidak saja pada perayaan Imlek dan CapGo Meh, tapi juga pada acara Ritual Bakar Tongkang.

“Bakar Tongkang juga kita pasang lampion. Biar orang tahu bahwa di Kota Bagansiapiapi tidak saja pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh ada lampion, tapi juga pada Bakar Tongkang. Sehingga masyarakat dan yang datang ke sini menyambut baik,” jelas Bupati.

Pemda Rohil, jelas Bupati, menyampaikan terimakasih atas undangan menghadiri malam Festival Lampion 2571/2020. “Semoga kegiatan ini berjalan lancar tertib aman dan terkendali,” tambah Bupati.

Ketua Yayasan Multi Marga Indonesia (YMMI) Kota Bagansiapiapi Rendi Gunawan mengatakan malam Festival Lampion Cap Go Meh merupakan acara menampilkan kesenian dan kebudayaan, serta diadakan setiap tahun usai perayaan tahun baru Imlek.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sugianto, bapak-bapak dan ibu-ibu yang di Surabaya, di Medan, Pekanbaru, dan sekitarnya, sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lancer,” kata Rendi Gunawan. (amran)

 

Redaksi/Editor: Amran

x

Check Also

Piala Dunia U-20, PSSI: Masalah Bali Terkait Lapangan Latihan

SumatraTimes.co.id – PSSI mengungkapkan permasalahan Bali sebagai venue Piala Dunia U-20. Bali bermasalah dengan lapangan ...