Home » Berita Utama » Jika Sudah Siap Direhab, SDN 005 Bagan Barat Boleh Ditempati
SD Negeri 005 Bagan Barat. foto amran

Jika Sudah Siap Direhab, SDN 005 Bagan Barat Boleh Ditempati

SumatraTimes.co.id – Pantauan media ini, Jum’at, 14 Februari 2020, finishing pembangunan dan rehab enam ruang kelas belajar di Sekolah Dasar (SD) Negeri 005 Bagan Barat, tampaknya sudah selesai.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Rohil HM Nurhidayat, melalui Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Disdikbud Rohil Suwarno SKom, mengatakan seluruh murid dan guru SDN 005 Bagan Barat, yang masih menempati bekas Kantor Disdik Rohil, bisa langsung pindah menempati bangunan baru jika sudah selesai dibangun.

“SD Negeri 005 Bagan Barat yang menempati bekas Kantor Dinas Pendidikan itu, bisa segera pindah, jika sudah siap ditempati,” kata Suwarno, kepada SumatraTimes.co.id, di Kantor Disdikbud Rohil di Batu Enam, Jum’at, 14 Februari 2020.

Kabid SD Disdikbud Rohil Suwarno S Kom pada suatu acara Disdikbud Rohil.

Dikatakan Suwarno, pihak sekolah juga belum ada mengkonfirmasi dan menanyakan kepada Disdikbud Rohil perihal apa boleh sekolah tersebut pindah ke bangunan baru jika sudah siap direhap.

“Sekolah belum mengkonfirmasi ke kami apa boleh pindah kegedung baru jika sudah siap. Sekolah bisa pindah kembali jika bangunan siap dipergunakan,” jelas Suwarno.

Dijelaskan Suwarno, pembangunan dan rehap total enam ruang kelas belajar di SD Negeri 005 Bagan Barat mengunakan pola swakelola. Pada prinsipnya, terang Suwarno, proyek swakelola dilaksanakan setelah ada pembayaran awal.

“Prinsip swakelola dibayar dulu baru dilaksanakan. Tapi kalau sistim kontraktor, dikerjakan dulu baru dibayarkan. Pembayaran pertama 25 persen, setelah itu 45 persen, dan jika bobot fisik mencapai 70 persen, dibayarkan 100% untuk diselesaikan pengerjaan juga 100%,” terang Suwarno.

Rehab enam ruang kelas belajar SDN 005 Bagan Barat ada sedikit keterlambatan disebabkan ada keterlambatan membayaran pada 2019.

“Akhir Desember 2019 baru dibayarkan (ke sekolah). Sehingga secara otomatis baru dapat dikerjakan pada Januari 2020. Jadi sebetulnya kalau sudah siap, sekolah sudah bisa menempuh sekolah baru,” pungkas Suwarno. (amran)

x

Check Also

Kota Bagansiapiapi Disemprot Cairan Disenfektan

BAGANSIAPIAPI, sumatratimes.co.id – Perwakilan suku Tionghoa yang tergabung dalam yayasan multy marga Tionghoa Indonesia Bagansiapiapi ...