Home » Kabar Riau » ODP Covid-19 di Meranti Tertinggi di Riau

ODP Covid-19 di Meranti Tertinggi di Riau

SumatraTimes.co.id – Setelah mengikuti arahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk menjadikan orang yang datang dari daerah terjangkit masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP).

Arahan Pemprov Riau ini menyebabkan ODP virus corona yang semula ratusan, membengkak menjadi ribuan.

“Iya akhirnya data jumlah ODP telah diklarifikasi. Dari ratusan kini menjadi 3.747 orang. Keputusan itu sesuai dengan petunjuk Pemerintah Provinsi Riau,” ujar Juru bicara Covid-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri, Selasa (31/3/2020).

Ia tidak menyangkal jika semula terjadi perbedaaan persepsi antara Pemda Meranti, Pemprov Riau, dan Kementerian. Semula pengertian Pemkab Meranti terhadap ODP mengikuti instruksi dari Kementerian, bukan Pemprov Riau.

Memang saat ini terdapat ribuan WNI dari Malaysia yang masuk ke Negeri Sejuta Sagu itu. Tapi dari jumlah tersebut tidak banyak yang menunjukkan gejala jika mereka telah terinfeksi juga telah masuk dalam 165 ODP oleh mereka.

“Selagi belum menunjukkan gejala, sebelumnya kami hanya menempatkan status orang yang baru pulang dari negara dan daerah terjangkit sebagai orang dalam resiko (ODR). Selain itu juga mereka yang memiliki kontak erat dengan pasien yang memiliki gejala virus tersebut,” ungkap Fahri.

Dijelaskannya, untuk status ODP ditetapkan setelah mendapati salah satu dari gejala Covid-19 seperti batuk atau panas atau pilek atau sakit kepala atau sakit tenggorokan.
Sedangkan PDP adalah orang yang sudah ada sesak dan biasanya dirawat di rumah sakit.

Selama dalam perawatan, PDP mendapatkan perlakuan khusus, diperiksa untuk memastikan apakah tertular virus Corona atau tidak.

Menurutnya, soal jumlah ODP dan PDP data tidak begitu bermasalah ketika data lengkap, namun untuk menghindari perbedaan data dibutuh fasilitas dalam mempersatukan persepsi agar informasi yang beredar tidak simpang siur.

Walaupun demikian, saat ini ia memastikan belum ada seorang pun warga Kepulauan Meranti yang dinyatakan positif.

“Sampai hari belum ada warga Kepulauan Meranti yang positif terjangkit virus Corona. Yang ada itu PDP, itu dua orang suspect. Seorang yang dirujuk ke Pekanbaru telah dinyatakan negatif dan satu lagi di Dumai masih menunggu hasil Lab,” pungkasnya. ***

Editor : amran

x

Check Also

Gubri H Syamsuar Bantu Rp100 Juta Biaya Operasional Tiap Kelurahan

SumatraTimes.co.id – Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar sebutkan bantuan Rp 100 juta per kelurahan di ...