Home » Berita Utama » Tingkatkan Layanan Publik, Empat Layanan Unggulan Lapas Bagansiapiapi

Tingkatkan Layanan Publik, Empat Layanan Unggulan Lapas Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI, sumatratimes.co.id– Lembaga pemasyarakatan (lapas) kelas II Bagansiapiapi melaksanakan silaturahmi dengan para sejumlah wartawan yang bertugas di Rokan Hilir, Rabu (14/10/2020). Silaturahmi dengan para jurnalis tersebut dilaksanakan di ruang serbaguna Lapas kelas II Jalan Tugu Bagansiapiapi. Pada silaturahmi ini ada empat pelayanan unggulan lapas Bagansiapiapi di kemukakan oleh kapalas Wachid Wibowo. Tampak hadir kalapas Wachid Wibowo,A.md,IP,S.Sos,MM, ketua Tim Humas Lapas Bagansiapiapi Mismin Handoko, kasi Binadik yang bertanggung jawab masalah pembinaan bagi narapidana Dasrial, kepala KPLP sebagai bertangung jawab masalah keamanan dan ketertiban Bastian Manalu,ketua tim pembangunan zona integritas lapas Bagansiapiapi Yani.

“Kita mengadakan pertemuan silaturahmi ini guna terjalin sinerginitas yang bermanfaat bagi media, lapas dan publik atau masyarakat. Karena kami salah satunya adalah memberikan pelayanan terhadap publik,”katanya.

Dijelaskannya, kegiatan ini tidak terlalu formil sekali karena untuk melakukan komunikasi secara dua arah sehingga lebih akrab. Saat ini seluruh pegawai dan warga binaan lapas kelas II Bagansiapiapi termasuk keluarga sama-sama memiliki komitmen bersama untuk melaksanakan peningkatan dalam hal pelayanan publik.

“Kami saat ini sedang berproses menjadi salah satu satker menuju wilayah bebas dari korupsi dan ini kami sudah ketingkat nasional,”tuturnya di sekretariat zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Dikatakannya layanan di lapas kelas II Bagansiapiapi yakni salatep (pusat pelayanan terpadu) yang mengunakan nomor antrian. Bahkan parkir kenderaan dia tur dengan warna biru bagi pegawai dan pengunjung umum.

“Toilet dan runag tunggu kita sediakan agar lebih nyaman meskinpun dalam keadaan pandemi covid 19 ini kunjungan belum berjalan namun sarana dan prasarana telah disiapkan,”katanya.

Bahkan ruang informasi sudah di tentukan sehingga masyarakat dapat lebih jelas terkait informasi pelayanan di lapas. Yanponmas juga ada dimana lapas kelas II Bagansiapiapi sebagai penyambung dengan kanwil menkumham di provinsi riau.

“Kami akan fasilitasi terkait yanponmas,”katanya.

Lapas Bagansiapiapi juga melaksanakan lapendit (layanan drive thru), salendu (sarana pelepas rindu ) dengan menggunakan panggilan GSM dimana warga binaan dapat berkomunikasi dengan keluarga. Kemudian sialang( sistim informasi awak pulang) yakni anjungan untuk mengetahui kapan warga binaan bebas.

“Empat layanan unggulan kami di lapas Bagansiapiapi ini yakni pusat pelayanan terpadu, layanan drive thru, sarana pelepas rindu dan sistim informasi awak pulang,”tutur kepala Lapas Bagansiapiapi Wachid Wibowo,A.md,IP,S.Sos,MM di depan maskot ikan sembilang (semangat menuju birokrasi gemilang). (Gun)

x

Check Also

Warga Jalan Seiya Ucap Terima Kasih Kepada Pemdakab Rohil

BAGANSIAPIAPI, sumatratimes.co.id – Kadis Lingkungan Hidup Rokan Hilir (kepala DLH Rohil), Suwandi,S.Sos meninjau langsung ekscavator ...