Home » Berita Utama » Panen Buah di Rohil, Syamsuar: Ini Meningkatkan Ketahanan Pangan

Panen Buah di Rohil, Syamsuar: Ini Meningkatkan Ketahanan Pangan

SumatraTimes.co.id – Drs H Syamsuar MSi beserta isteri Hj Misnarni Syamsuar melaksanakan panen buah dan sayuran di Taman Edukasi Pertanian Dinas Ketahanan Panggan dan Pertanian (DKPP) Pemkab Rohil di kawasan pusat pemerintahan Pemkab Rohil di  Batu Enam, Sabtu (24/10/2020).

H Syamsuar, yang menurut jadwal, Sabtu, 24 Oktober 2020, akan ikut kampanye salah satu paslon Pilkada Rohil 2020, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Rohil non aktif H Suyatno yang memperhatikan ketahanan pangan di Rohil.

Turut mendampingi H Syamsuar, Pjs Bupati Rohil Rudyanto SH MSi, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK, Kajari Rohil Gaos Wicaksono SH MH, Pj Setda Rohil HM Job Kurniawan SAP, Asisten Administrasi Umum Setda Rohil Ali Asfar, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPP) Rohil H Wan Rusli Syarief S Sos, serta PPL.

“Kami hari ini melakukan panen produk tanaman buah-buahan dan sayuran di taman edukasi milik Pemkab Rohil. Jadi apa yang dilakukan Pemkab merupakan upaya peningkatan ketahanan pangan,” tutur Syamsuar.

Disebutnya, apa yang telah diarahkan Presiden RI Jokowi dan adanya kebijakan dari kementerian pertanian agar dapat meningkatkan ketahanan pangan di daerah yang juga ada program melalui kementerian pertahanan melalui TNI Polri yang sekarang melaksanakan berbagai macam program.

“Sehingga ini adalah merupakan bagian dati upaya meningkatkan ketahanan pangan, sebagai mana arahan presiden,” katanya.

Syamsuar mengatakan apresiasi Pemkab memanfaatkan tanah-tanah aset Pemda Rohil yang selama ini tidak digarap dimanfaatkan dengan memaksimalkan penanaman berbagai tanaman pangan. Hal ini, katanya, juga sebagai langkah untuk memelihara aset, sekaligus pemanfaatan lahan.

“Saya dengar tadi dibeberapa  kecamatan juga didayakan. Itu salah satu harapan kita dari unsur pemerintah agar tanah-tanah aset ini dapat kita pelihara dengan baik, kita jaga agar tidak hilang sekaligus bisa dimanfaatkan dengan meningkatkan ketahanan pangan dengan menanam berbagai tanaman pangan,” ujar Syamsuar.

Lanjut Syamsuar, ini merupakan salah-satu langkah yang dilakukan Pemda Rohil dalam menjaga aset, sehingga Pemprov Riau mengapresiasi dan terima kasih kepada Bupati yang memberikan perhatian dibidang ketahanan pangan.

“Mudah-mudahan ini terus berlanjut agar pemanfaatan lahan pemda ini dapat di maksimalkan yang bisa mendapatkan hasil juga. Kedepan bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah juga,” jelasnya.

Dikatakan Syamsuar, panen buah-buahan dan sayur tadi terdapat juga yang bagus dan tidak bagus. Hal ini disebabkan musim penghujan saat ini. Namun banyak juga yang bagus.

“Saya pikir apa yang dilakukan Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian ini dapat menjadikan contoh bagi daerah-daerah lain,” pungkas Syamsuar.***

Pewarta: gun

x

Check Also

Basaruddin : Tak Perlu Antre, Masyarakat Bisa Cetak KK Dan Akte Dirumah

  Bagansiapiapi, sumatratimes.co.id – Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri terus melakukan upaya inovasi digitalisasi pelayanan ...