Home » Berita Utama » Ipda All Hidayat, Anak Pedagang Kelontong Yang Jadi Kapolsek di Rohil
Ipda All Hidayat STrK

Ipda All Hidayat, Anak Pedagang Kelontong Yang Jadi Kapolsek di Rohil

SumatraTimes.co.id – Umurnya 24 tahun, berbadan tegap, disiplin, tutur katanya tegas dan ramah.

Ia adalah Ipda All Hidayat STrk. Perwira polisi berpangkat Inspektur Dua (Ipda). Siapa sangka, diusia 24 tahun, dengan balok satu di pundak, All Hidayat diberikan jabatan sebagai Kepala Kepolisan Sektor (Kapolsek) di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Polres Rokan Hilir, Polda Riau.

Ipda All Hidayat, jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 2019 di Semarang Angkatan ke 50. Sebab itu, dibelakang namanya ada gelar Sarjana Terapan Kepolisian (S.Tr.K). Nama panggilannya Dayat. Di Polres Rohil, Dayat merupakan Kapolsek termuda.

Kepada SumatraTimes.co.id, Ipda All Hidayat STrK menuturkan ia anak pertama dari 3 bersaudara, dengan bapak yang berprofesi sebagai pedagang kelontong. Namun, punya cita-cita menjadi Polisi.

“Orang tua saya pedagang, usaha sembako. Kedai kelontong. Dari kecil saya bercita-cita menjadi polisi dan alhamdulillah tercapai berkat kegigihan dan dukungan orang tua,” kata Ipda All Hidayat, Kamis (24/12/2020).

Dayat lahir di Buton, 10 September 1996. Di usia ke 24 tahun 2020 ini, Dayat masih berstatus lajang. Belum menikah. Mungkin disebabkan masih dalam ikatan dinas. “Kalau pacar sudah memiliki pacar. Sesuai keteria wanita yang saya idamkan baik dan soleha,” ucap Dayat, penghobi olahraga badminton dan futsal.

Di kepolisian, jelas All Hidayat, sebelum menjabat sebagai Kapolsek Tanah Putih Tanjung Melawan, ia menjabat sebagai Danton Dalmas Ditsamapta Polda Riau. Pada 22 Agustus 2020, ucap Dayat, dirinya dilantik sebagai Kapolsek Tanah Putih Tanjung Melawan. “Bulan Desember 2020 ini subah masuk sekitar 5 bulan saya menjabat sebagai Polsek Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan,” imbuh Dayat.

All Hidayat menyebutkan di Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan, ia memiliki bawahan yang usianya jauh lebih tua darinya. Namun karena dipercaya sebagai komandan di Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan, ia harus tetap tegas dan sopan.

“Memang ada unsur antara pimpinan dan anggota, namun untuk usia tetap harus beradab, bukan karena Kapolsek saya harus seenaknya. Soalnya kalau tidak ada kerjasama, semua itu akan terasa susah bahkan gagal dalam melaksanakan sesuatu,” tegasnya.

Sebagai Kapolsek, ujar All Hidayat, sekarang memiliki tanggung jawab toritorrial menjaga keamanan 5 kepenghuluan dan 1 kelurahan, yaitu Kepenghuluan Labuhan Papan, Kepenghuluan Mesah, Kepenghuluan Batuhampar, Kepenghuluan Melayu Tengah, Kepenghuluan Melayu Besar dan Kelurahan Melayu Besar Kota

“Alhamdulillah, ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya. Yang terpenting selalu solid dan jalin komunikasi dalam melaksanakan tugas,” lanjut All Hidayat.

Dikatakan All Hidayat, dirinya sangat berharapa semoga Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan bersama seluruh stake holder terkait dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Sekarang ini kita difokuskan kepada penanganan Karhutla dan Covid-19. Semoga dengan saling koordinasi dengan seluruh stake holder dan masyarakat,” tutupnya. ***

Penulis: m sarbaini

Editor: amran

x

Check Also

Itwasda Polda Riau Laksanakan Audit Kinerja Tahap I di Polres Rokan Hilir

Rokan Hilir – Itwasda Polda Riau Laksanakan Audit Kinerja Itwasda Polda Riau Tahap I Tahun ...