Home » Berita Utama » Anggaran Rehab Kantor SPN Senilai 1.8 Miliyar Bisa Membangun Kantor Baru

Anggaran Rehab Kantor SPN Senilai 1.8 Miliyar Bisa Membangun Kantor Baru

 

Sumatra times.co.id – Anggaran Rehabilitas Kantor SPN Senilai Rp. 1.803.831.187,18 yang saat ini di tempati oleh Disnaker Kabupaten Rokan Hilir bisa membangun kantor baru.

Pasalnya rehab gedung SPN tahun 2020 Pagu Anggaran Rp. 1.803.831.187,18 yang dimenangkan oleh perusahaan LINGGO JAYA ABADI
Jl. Takaul Gg. Menanti RT. 001, Kel. Bukit Datuk, Kec. Dumai Selatan – Dumai (Kota) berdasarkan laporan dari masyarakat di duga hanya memperbaiki atau mengganti Keramik yang rusak, mengganti kaca yang rusak, memasang semua terali besi pada pintu dan jendela kantor, mengecat secara keseluruhan kantor SPN.

Hal itu di sampaikan Ketua DPD LSM GRPPH-RI Bambang Irawan di dampingi Sekjen Amiruddin, saat melakukan investigasi di kawasan perkantoran batu enam Bagansiapiapi Kamis (31/3/2022).

“Kami bekerja Berdasarkan laporan dari masyarakat, selaku kontrol sosial kami dari DPD LSM GRPPH-RI langsung meninjau ke lapangan yakni kantor SPN yang saat ini di tempati Disnaker Rohil. Temuan dilapangan kami dapati puluhan jendela tanpa terali besi, pintu utama masuk sebanyak 3 unit tidak di pasang terali besi dan jendela besar pada lantai atas gedung utama tidak di pasang terali besi. Jadi pertanyaan, kenapa tidak di pasang terali besi sementara yang lain di pasang. Ujarnya Bambang kepada Sumatratimes.co.id.

Tidak hanya sampai di situ, ungkapnya lagi, rehab pada keramik putih lantai atas dan bawah baik gedung utama maupun gedung kiri dan kanan didapati tidak di ganti semua karena masih banyak (sebagian besar) keramik bagus, yang parahnya sebagian kecil keramik pada gedung yang rusak dan lama sama sekali tidak di ganti oleh pihak kontraktor.

“Kita juga melihat pengecatan seluruh bagian bangunan SPN atau kantor Disnaker sekarang juga tidak merata dan sudah luntur, apalagi di bagian depan kantor utama yang saat ini di tempati, Cat nya sudah mengelupas sehingga membuat pemandangan jadi tidak enak. Pertanyaannya, kontraktor menggunakan cat jenis apa, apakah sesuai dengan bestek? Tanya mensinyalir terdapat dugaan korupsi pada pekerjaan rehab tersebut.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya dan Jasa Kontruksi Dinas PUTR Rohil, Juwarto, ST. M.si. ketika di temui diruangan kerjanya (Kantor PUTR) jalan Lintas Kecamatan Bagansiapiapi Menjelaskan bahwa pekerjaan rehab gedung SPN senilai hampir 2 Miliyar tersebut sudah sesuai prosedur.

“Jadi gini, ketika dilapangan harus ada PPTK nya kelapangan yang mendampingi, jadi bisa menjelaskan item item pekerjaannya, gitu lho..jangan versi orang pihak ini pihak itu, gitukan. Itu makanya tunggu Satrio (PPTK) pulang, kalau ada Satrio enak menjelaskannya, tutur Kabid Juwarto.

Saat di tanya, apakah pada saat pengecekan FHO semua pekerjaan termasuk pada item terali besi pada jendela di pasang semua atau tidak sebelum dana seratus persen di cairkan yang saat itu dalam jaminan asuransi Kabid dengan yakin mengatakan saat itu tidak ada kekurangan pada kegiatan rehab fisik kantor SPN.

“Sewaktu Final Hand Over (FHO) atau serah terima akhir pekerjaan tidak ada kekurangan, tidak di temukan kekurangan, ya di pasang semua. Ungkapnya spontan namun apa yang di ucapnya tidak sesuai fakta, di lapangan Puluhan jendela kantor tidak di pasang terali besi, berikut pintu masuk dan pada jendela besar gedung utama kantor tidak di jumpai terali yang di maksudnya. Di sisi lain jujur, pada daun jendela dan pintu kaca baik gedung utama, gedung kiri kanan selebihnya di pasang terali besi. (Hen)

x

Check Also

Siapakah Oknum Yang di Duga Menjual Ratusan Hektar Lahan di LTK?

  Bagansiapiapi – mengutip dari Pemberitaan di media baranews yang menyebutkan bahwa secara luas hutan ...