Home » Berita Utama » Nelayan Rokan Hilir diBeri Ilmu Cara Menggunakan Alat Komunikasi di Laut

Nelayan Rokan Hilir diBeri Ilmu Cara Menggunakan Alat Komunikasi di Laut

Bagansiapiapi – Kementerian Komunikasi dan Informatika Balai Monitor Spektrum frekuensi radio kelas 1 Pekanbaru mengadakan Bimtek Sosialisasi Pelayanan ISR maritim (MOTS) Dan Bimtek sertifikat operator radio (SOR) di ruangan kantor BPKAD Kab Rohil, Rabu (18 mei 2022).

Acara tersebut dibuka langsung oleh kepala kantor Balai Monitor kelas 1 (satu) Pekan baru Muhamad Syarif Helmi, bersama staf nya sebanyak 11 orang, dan turut dihadiri dari masyarakat Rokan Hilir yang bekerja sebagai buruh (Pelaut) dari Kecamatan Bangko, Sinaboy, dan Pekaitan dihadiri juga Jonnaidi Ketua Himpunan Nelayan seluruh Indonesia, (HNSI) Kabupaten Rokan Hilir.

“Hari ini kami mengadakan Sosialisasi, Pelayanan Perizinan ISR maritim (MOTS), kepada para nelayan di Bagansiapiapi, yang dihadiri para nelayan sekitar 40 orang lebih ditambah juga stakeholder dari Pemerintahan juga di ikuti Kominfo, BPKAD dan pengurus himpunan nelayan seluruh Indonesia. Tutur Muhamad Syarif Helmi saat di wawancarai awak media Sumatratimes-co-id.

Para Nelayan serius mendengar pembekalan ilmu dan  pengarahan Kementerian Komunikasi dan Informatika Balai Monitor Spektrum frekuensi radio kelas 1 Pekanbaru (photo :Diarto)

Menurutnya, dalam menggunakan alat radio komunikasi ini supaya para nelayan, menggunakan alat Standar Internasional, sehingga apabila di lautan membutuh bantuan, dan bukan hanya teman – temannya saja yang dapat membantu, seluruh orang yang mendengar kan, dapat membantu nya, apabila menggunakan perangkat peralatan standar yang digunakannya.

Kami kata Muhammad Syarif Helmi, mengadakan sosialisasi dalam satu tahun ada sebanyak 3 kali dan bukan hanya setakat mengumpul kan masyarakat secara langsung begitu saja, tetapi pihaknya setiap tahun di setiap Kabupaten kota Kementerian Komunikasi dan Informatika Balai Monitor Spektrum frekuensi radio kelas 1 Pekanbaru mengunjungi serta mengedukasi.

“Acara yang kami ada kan berjalan dengan lancar dan kami juga tadi sudah melaksanakan praktek-praktek didalam kebencanaan, dan cara menggunakan Prangkat alat radio komunikasi, tutupnya.

Disisi lain, Ketua HNSI Jonnaidi kepada awak media atas kehadiran Kementerian Komunikasi dan Informatika Balai Monitor Spektrum frekuensi radio kelas 1 Pekanbaru.

Para peserta bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Balai Monitor Spektrum frekuensi radio kelas 1 Pekanbaru photo bersama. (Photo : Diarto)

yang memberikan Ilmu kepada Nelayan mengucapkan syukur dan berterimakasih yang sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi,ini bisa bernampak yang kepada Nelayan khusus nya di Rokan Hilir.

Adapun sosialisasi ini sambung Jonnaidi yakni terkait menggunakan alat komunikasi untuk keselamatan para nelayan, dan harapan pihaknya selaku ketua HNSI kepada Pelaut dan Nelayan jangan hanya sosialisasi saja dan kami bisa berharap bisa untuk memberikan bantuan alat komunikasi untuk para nelayan.

“InsaAllah, kami dari Himpunan pengurus seluruh Indonesia akan membuat suatu pos dan memasang alat komunikasi supaya bisa untuk menyapa para nelayan yang ada dilaut. tutupnya (Diarto Koba Kampung)

x

Check Also

Siapakah Oknum Yang di Duga Menjual Ratusan Hektar Lahan di LTK?

  Bagansiapiapi – mengutip dari Pemberitaan di media baranews yang menyebutkan bahwa secara luas hutan ...