Home » Berita Utama » Peringati Harkitnas, Bupati Rohil Himbau Organisasi Lembaga Kemasyarakatan Bekerjasama Bangun Daerah

Peringati Harkitnas, Bupati Rohil Himbau Organisasi Lembaga Kemasyarakatan Bekerjasama Bangun Daerah

Bagansiapiapi  -Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong Menghimbau Organisasi Kepemudaan dan Lembaga Kemasyarakatan bekerja sama untuk memajukan Kabupaten Rokan Hilir

Hal itu di sampaikan Bupati Afrizal Sintong saat memperingati hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di depan kantor BPKAD Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Jum’at (20/5/2022).

“Tentunya harapan kami, seluruh Organisasi Kepemudaan, baik itu Lembaga Kemasyarakatan, Tokoh Ulama, tokoh Adat, bekerja sama dengan Pemerintah, bagai mana memikirkan daerah kita ini Kabupaten Rokan Hilir. Ucap Bupati Afrizal Sintong saat di wawancara usai pelaksanaan Apel Hardiknas.

Bupati Afrizal Sintong membacakan naskah Sejarah tentang Harkitnas (photo : Diarto)

Pasalnya sambung Bupati, latar belakang penetapan Hari Kebangkitan Nasional di karenakan bangsa Indonesia butuh pemersatu pada masa awal kemerdekaan.

Oleh sebab itu, Bung Karno menilai berdirinya organisasi Boedi Oetomo sebagai awal dari kebangkitan bangsa Indonesia melawan para penjajah. Walaupun organisasi ini masih bersifat kedaerahan awalnya tetapi mekanisme dalam pemilihan ketua dalam organisasi ini cukup berbeda.

“Mari sama- sama kita meningkatkan yang mana semboyan dari Boedi Oetomo, mari sama- sama kita memajukan daerah kita ini membangkit kan semangat pendidikan, nasional secara umumnya, himbaunya.

Sebelumnya, dalam apel Hardiknas Bupati Rokan Hilir membacakan naskah sejarah Pada awal berdirinya, organisasi Boedi Oetomo yang digagas oleh Wahidin Soedirohoesodo ini hanya bergerak pada bidang sosial dan budaya. Sejumlah sekolah bernama Boedi Oetomo didirikan untuk memajukan kebudayaan Jawa. Anggota Boedi Oetomo pun terdiri atas kalangan yang berasal dari suku Jawa dan Madura. Organisasi ini mulai bergerak di bidang politik pada tahun 1915. Hal ini dipicu oleh Perang Dunia I.

Pada tahun 1920, organisasi Boedi Oetomo mulai menerima anggota dari kalangan masyarakat biasa. Hal ini menandakan organisasi Boedi Oetomo telah menjadi organisasi pergerakan rakyat. Organisasi Boedi Oetomo pun mulai membuka keanggotaannya untuk seluruh rakyat Indonesia pada tahun 1930. Dalam perjalanannya, organisasi Boedi Oetomo memiliki tujuan nasionalisme yaitu mendorong kemerdekaan Indonesia.

ASN di Lingkungan Pemkab Rohil dengan tertib mengikuti Upacara Harkitnas (photo : Diarto)

” Pada hari ini kita (Pemkab Rohil) melaksanakan upacara hari harkitnas, yang ke 114 tahun 2022 kita semua hadir disini baik itu ASN pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga bersama Forkompinda.

Turut hadiri dalam pelaksanaan Apel Harkitnas antara lain Wakil Bupati Rokan Hilir H. Sulaiman, SS, MH. Plt Sekda Rohil Drs. H. Ferry H Parya, Kodim 0321, Kapolres Rohil beserta forkopimda lainnyadi Kabupaten Rokan Hilir. tutup (Diarto koba kampung)

x

Check Also

Siapakah Oknum Yang di Duga Menjual Ratusan Hektar Lahan di LTK?

  Bagansiapiapi – mengutip dari Pemberitaan di media baranews yang menyebutkan bahwa secara luas hutan ...