Home » Berita Internasional » Trump: Kesepakatan Dagang Dengan China Segera Ditandatangani

Trump: Kesepakatan Dagang Dengan China Segera Ditandatangani

SUMATRATIMES. COM – Perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS) bakalan segera berakhir,  dengan ‘kemenangan’ AS. Perjanjian ‘damai’ berupa kesepakatan tarif perdagangan antara ke dua negera itu akan diteken Januari 2020.

Dikutip dari Bisnis.com, Presiden AS Donald Trump mengatakan dia bersama Presiden China Xi Jinping akan menandatangani kesepakatan perdagangan AS-China tahap pertama yang disepakati bulan ini.

“Ya, kami akan mengadakan seremoni penandatanganan. Pada akhirnya, ya [akan dilakukan] ketika kami bertemu. Prosesnya akan lebih cepat karena kami ingin segera  menyelesaikannya. Kesepakatannya sudah selesai, sedang disusun,” kata Trump kepada wartawan, dikutip Reuters, Rabu (25/12/2019).

Perwakilan Dagang Amerika Serikat Robert Lighthizerpada 13 Desember mengatakan bahwa perwakilan dari kedua negara akan menandatangani perjanjian kesepakatan perdagangan fase pertama pada pekan pertama Januari.

Berbicara di Beijing, Rabu (25/12), juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan kedua negara terus melakukan komunikasi dengan baik.

“Tim ekonomi dan perdagangan kedua belah pihak melakukan komunikasi yang erat tentang pengaturan terperinci untuk penandatanganan kesepakatan dan tindak lanjut lainnya,” kata Geng dalam briefing berita harian.

Dia tidak menguraikan lebih lanjut.

Hingga saat ini Beijing belum mengkonfirmasi komponen spesifik dari kesepakatan yang dirilis oleh para pejabat AS.

Seorang juru bicara Kementerian Perdagangan China mengatakan pekan lalu perinciannya akan diumumkan setelah penandatanganan resmi dilakukan. ***

Redaksi: Amran

x

Check Also

Tunku Abdul Rahman, Bapak Kemerdekaan Malaysia

SumatraTimes.co.id – 31 Agustus 1957, Kerajaan Ingris menyerahkan kekuasaan kepada Federasi Malaysia, di Lapangan Merdeka, ...