Home » Kabar Kepri » Tren Sembuh Meningkat, Kepri Menuju Menang Melawan Covid-19
Tren corona di Kepri 12 Mei 2020

Tren Sembuh Meningkat, Kepri Menuju Menang Melawan Covid-19

SumatraTimes.co.id – Tren kasus Corona di Kepri mengindikasikan tak lama lagi Kepri akan menang lawan Corona.

Tentu saja hal ini segera tercapai bila masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Dari data Gugus Covid-19 Kepri, memang masih ada penambahan kasus baru Covid-19.

Namun jumlah pasien sembuh juga terus meningkat, sementara tren jumlah pasien yang dirawat maupun karantina cenderung menurun.

Kepri pernah mencapai ledakan kasus Corona pada minggu ke-14 dan 15 dimana kenaikan kasus baru mingguan mencapai 15 dan 29 kasus. Angka ini kemudian relatif menurun hingga Selasa (12/5/2020).

Kabar ini tentu menggembirakan. Bila kasus baru Corona bisa ditekan, bukan tidak mungkin Kepri segera terbebas dari Corona.

Kasus Corona di Kepri juga mencakup kasus di RS Khusus Corona di Galang. Jumlah pasien sembuh virus Corona di Provinsi Kepri mencapai 75 pasien.

Jumlah ini diakui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana terdiri dari 50 pasien se Kepri dengan 25 pasien sembuh dari RS Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang per Rabu (13/5/2020).

Untuk Kota Batam saja, pasien sembuh virus Corona tercatat 26 pasien, Kabupaten Karimun 4 pasien, Kota Tanjungpinang 19 pasien, dan Kabupaten Bintan 1 pasien.

Kini sebanyak 106 pasien yang terdiri dari 77 pasien positif Covid-19 se-Kepri, dan 29 data dari RS Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang, Kota Batam sedang berjuang untuk sembuh.

Tim gugus tugas Covid-19 Kepri ini pun menyampaikan 6 poin yang mempengaruhi tingkat kesembuhan pasien Covid-19.

Pertama, tim medis dalam mengobati gejala pasien, dan melakukan pemeriksaan secara berkala, serta komprehensif.

“Kedua yang penting juga ialah pasien diberikan makanan bergizi. Menu makanannya ditetapkan oleh ahli gizi,” ujarnya, Rabu (13/5/2020).

Selanjutnya, terus dilakukan komunikasi efektif antar tim medis dengan pasien, dan semua protap tatalaksana mempedomani petunjuk teknis.

“Tidak lupa juga pelayanan Covid-19 tidak hanya dilakukan oleh RS Rujukan. Tapi melibatkan semua rumah sakit, dengan surat keputusan Gubernur, sehingga contack rate antara pasien dengan tim medis frekuensinya cukup baik. Terakhir, dengan keberadaan RS Infeksi Covid-19 sangat membantu tingginya tingkat kesembuhan,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, dari 29 kasus positif yang di observasi di RS Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang, sebanyak 28 pasien dinyatakan sembuh.

“Ini artinya tinggal menyisakan 1 kasus menunggu hasil laboratorium. Pasien pun saat ini dalam keadaan sehat,” tambahnya.

Tren menggembirakan juga terjadi di Batam. Dari 44 kasus corona hingga Selasa (13/5/2020), sebanyak 26 pasien sembuh dan tujuh meninggal. Sehingga sisa kasus corona sebanyak 11.

Tingkat kesembuhan pasien covid-19 di Batam saat ini lebih banyak dibandingkan jumlah pasien yang dirawat ataupun pasien baru.***

x

Check Also

Perusahaan Kosmetik Sumbang Hand Sanitizer Lewat Pemko Batam

SumatraTimes.co.id – PT Kosmetikatama Super Indah bermerek dagang Inez Cosmetics memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota ...