Home » Kesehatan » 10 Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari

10 Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari

SumatraTimes.co.id – Jika Anda suka minum teh, kapanpun akan menjadi waktu yang tepat untuk secangkir teh favorit.

Tetapi, jika ingin memaksimalkan manfaatnya atau memastikan Anda dapat tertidur bahkan setelah meminum teh berkafein, beberapa kali, mungkin ada waktu lebih baik daripada yang lain.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk minum teh hijau? Untuk memahami kapan waktu terbaik untuk minum teh, mari kita lihat apa itu teh hijau.

Teh hijau terbuat dari Camellia sinensis, tanaman yang kaya akan antioksidan, kafein, dan asam amino. Ini juga mengandung beberapa vitamin, mineral dan serat.

Antioksidan terpenting dalam teh hijau adalah katekin yang disebut EGCg, dalam jumlah besar hanya tersedia dalam teh hijau. Tidak seperti teh hitam atau oolong, teh hijau tidak teroksidasi.

Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu dalam “pencegahan kanker dan penyakit kardiovaskular” serta memiliki “efek anti-inflamasi, antiartritik, antibakteri, antiangiogenik, antioksidan, antivirus, pelindung saraf, dan penurun kolesterol.”

Para ilmuwan biasanya menghubungkan manfaat kesehatan untuk teh yang dikonsumsi dalam jangka panjang daripada hanya satu cangkir sesekali.

Teh hijau adalah pilihan yang bagus untuk minuman pagi hari. Teh hijau memiliki cukup kafein untuk memberi dorongan energi pagi yang baik.

Tidak seperti kopi, teh mengandung asam amino L-theanine, yang mencegah serbuan kafein dan memberi energi berkelanjutan selama beberapa jam. Dengan kata lain, teh hijau seharusnya tidak membuat Anda mengantuk.

Berikut manfaat minum teh hijau di pagi hari bagi kesehatan yang perlu diketahui dilansir dari Matey Life Style:

Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum teh hijau di pagi hari yang paling diterapkan karena khasiatnya tersebut yaitu untuk membantu menurunkan berat badan. Saat ini obesitas merupakan masalah yang umum.

Banyak orang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badannya. Karena sekarang menambah berat badan bagi kebanyakan dari kita tidak terlalu sulit. Tetapi menjaga persentase lemak tubuh yang sehat itu sulit.

Minum teh hijau di pagi hari meningkatkan potensi tubuh Anda untuk membakar lemak. Ini membantu dengan meningkatkan laju metabolisme Anda. Artinya, Anda akan membakar lebih banyak kalori saat istirahat dan selama bekerja.

Minum teh hijau sebelum olahraga pagi dapat meningkatkan kinerja Anda di lapangan dan membakar lebih banyak lemak. Anda dapat secara efektif meningkatkan manfaat kesehatan dari teh hijau bila Anda menggabungkannya dengan beberapa praktik gaya hidup sehat.

Kesehatan Mental dan Daya Ingat yang Lebih Baik

Manfaat minum teh hijau di pagi hari ternyata menghasilkan kesehatan mental dan memori yang lebih baik.

Teh hijau mengandung polifenol yang membantu otak Anda dengan pasokan glukosa yang stabil. Ini mengandung theanine yang bertindak sebagai anti-depresan. Ini juga membantu untuk menghilangkan kecemasan dan stres.

Membantu Mencegah Kerusakan Gigi

Salah satu manfaat minum teh hijau di pagi hari adalah membantu menjaga kesegaran mulut.

Daun teh hijau ( Daun Tanaman Camilla Sinensis ) memiliki beberapa khasiat anti gigi berlubang yang akan membantu Anda mencegah kerusakan gigi.

Minum secangkir teh setelah makan permen dapat membantu mencegah gigi berlubang dengan cara mencegah pembentukan plak dan menghambat bakteri.

Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat kesehatan minum teh hijau membantu dalam mengurangi tekanan darah secara alami.

Konsumsi teh hijau akan membantu Anda menjaga tekanan darah tetap normal. Untuk hasil yang lebih baik, minumlah empat cangkir teh hijau sepanjang hari.

Sebagai Toner Alami

Teh hijau berfungsi sebagai toner alami untuk kulit. Ini memberi kulit Anda cahaya yang sehat dengan menghilangkan kotoran.

Minum teh hijau dua kali sehari bermanfaat bagi jaringan dan otot tubuh Anda.

Menurunkan Risiko Kanker

Daun teh mengandung banyak antioksidan. Terutama polifenol yang dominan dalam teh hijau. (EGCG, EGC, ECG, dan EC).

Bahan kimia ini (EGCG dan EKG) melindungi sel manusia dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh spesies oksigen reaktif. Jadi, minum teh hijau bisa membantu Anda dalam menurunkan risiko kanker.

Membantu kurangi asma kambuh
Kafein dan teofilin menurunkan kemungkinan serangan asma selama empat jam setelah dikonsumsi.

Teofilin juga digunakan untuk membuat beberapa pil untuk menyembuhkan asma. Minum teh hijau memberi Anda kelegaan dari asma secara alami.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat minum teh hijau di pagi hari akan menurunkan kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL) tanpa merusak kolesterol baik (HDL) Anda.

Secangkir teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol Anda hampir 0,015 mili-mols per liter (mmol / L).

Mencegah Keriput & Melawan Tanda Penuaan

Karena kaya antioksidan, teh hijau membantu menghindari tanda-tanda penuaan kulit seperti, keriput, garis halus dan mengurangi lingkaran hitam & mata bengkak.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Karena antioksidannya yang kuat, secangkir teh hijau dapat membantu Anda memperkuat sistem kekebalan Anda. Juga, itu bisa memberi Anda sedikit relaksasi.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda, minumlah beberapa tetes madu mentah dengan teh hijau. Minum dua kali sehari, untuk hasil yang lebih baik.***

Sumber: merdeka.com
Editor: amran

x

Check Also

Tagih Janji Kampanye, Samsir : Bupati Tolong Bangun Jalan Kami

  SumatraTimes-co-id – Salah seorang warga Kecamatan Bangko yang mengaku Tim Nomor 4, menagih janji ...