Home » Parlementaria » E-Parlemen Mudahkan Masyarakat Berkomunikasi Dengan DPR
Protokol Setjen DPR RI mengadakan acara pencanangan E-Parlemen, di Ruang Abdul Muis DPR RI, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (8/10/2020). foto : dpr.go.id

E-Parlemen Mudahkan Masyarakat Berkomunikasi Dengan DPR

SumatraTimes.co.id – Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Evita Nursanty menyampaikan bahwa DPR RI kini akan lebih akuntabel dan transparan dengan E-Parlemen.

Menurut Evita, E-Parlemen dapat meningkatkan kinerja anggota DPR RI dan memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi atau menyampaikan aspirasi pada wakil-wakilnya di Senayan.

“Yang paling penting E-Parlemen ini untuk masyarakat, jadi memudahkan dalam berkomunikasi dengan DPR,” ucap Evita di Jakarta, Kamis (19/11/2020). Anggota Komisi VI DPR RI itu melanjutkan, rapat-rapat DPR RI saat ini dapat disaksikan melalui siaran langsung di TV Parlemen.

Bahkan dalam kondisi pandemi Covid-19, Anggota DPR RI tetap menjalankan tugas pengawasan, legislasi, dan anggaran, dengan tetap disiplin pada protokol kesehatan, penyesuaian kehadiran fisik di ruang rapat, dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung rapat secara virtual.

Evita melanjutkan, setelah E-Parlemen diluncurkan pada 8 Oktober 2020, DPR RI akan mengurangi penggunaan kertas dalam semua agenda kerja, dan secara bertahap menuju paperless.

Pencarian dan penyimpanan dokumen-dokumen rapat juga akan lebih mudah dilakukan dengan E-Parlemen karena semua sudah terdigitalisasi.

“Karena Ibu Ketua DPR juga berkomitmen mewujudkan DPR RI menjadi parlemen yang modern, dan akuntabel. E-Parlemen ini jadi suatu keniscayaan yang harus diimplementasikan DPR RI,” ungkap wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Tengah III tersebut.

“Dokumen-dokumen rapat atau undang-undang yang sebelumnya dicetak, di-fotocopy, saat ini sudah tinggal download. Lebih efektif dan efisien. E-Parlemen menuju parlemen yang environmental free atau ramah lingkungan,” sambung Evita.

Penerapan E-Parlemen, kata Evita, lebih ramah lingkungan karena menuju paperless dan akan menghemat anggaran dalam jangka panjang. “Sudah pasti ada penghematan saat kita menerapkan E-Parlemen. Yang paling penting adalah keterbukaan dan memudahkan masyarakat,” ujar Evita.

Pencanangan E-Parlemen
Wakil Ketua DPR RI M Azis Syamsuddin menyatakan pencanangan E-Parlemen sebagai wujud akuntabilitas DPR RI kepada rakyat.

Azis mengungkapkan, pencanangan E-Parlemen sebagai wujud salah satu bentuk implementasi dari sebuah sistem Parlemen Modern sebagaimana visi dari DPR RI lima tahun ke depan.

“Melalui pencanangan E-Parlemen, seluruh kerja DPR akan menjadi lebih cepat, mudah, akurat, dan ekonomis karena secara bertahap akan menghilangkan penggunaan kertas atau paperless dalam kegiatan sehari-hari,” ujar Azis saat menyampaikan sambutan pada acara pencanangan E-Parlemen, di Ruang Abdul Muis DPR RI, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Lebih lanjut Azis mengapresiasi jajaran direksi Bank Mandiri selaku mitra dari DPR RI yang telah memberikan dukungan penuh dalam rangka mewujudkan Parlemen Modern dengan penyediaan kartu akses keamanan di Gedung Nusantara I, yang selanjutnya diharapkan bertambah manfaatnya.

Di samping itu, kartu akses akan disatukan dengan berbagai aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak Setjen DPR RI dalam sebuah tablet.

Dengan tujuan, layanan tersebut untuk memberikan dukungan dalam mempercepat pelaksanaan kinerja Anggota DPR RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya seperti kemudahan akses agenda kerja dan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Dengan demikian, tegas Azis, DPR RI akan semakin menjadi lembaga perwakilan yang modern dalam arti sesungguhnya serta akuntabel dan kredibel di mata rakyat.

“Dalam tablet tersebut sudah tercakup email DPR, Cloud DPR, e-Library, dan BKSAP Hub. Ke depannya, saya meminta Kesetjenan untuk semakin meningkatkan layanan kepada Dewan melalui digitalisasi seluruh layanan administrasi, persidangan, dan dukungan keahlian. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, atas persetujuan Ketua DPR dan Wakil Ketua DPR secara resmi untuk kita luncurkan dalam forum yang hikmat ini peluncuran E-Parlemen,” pungkas politisi F-Golkar tersebut.

Acara ditutup dengan peresmian pencanangan E-Parlemen yang ditandai dengan penyentuhan layar screening oleh Sekjen DPR RI Indra Iskandar, Deputi Persidangan DPR RI Damayanti, Plt Deputi Administrasi DPR RI, Inspektur Utama DPR RI dan Area Head Jakarta-Imam Bonjol Bank Mandiri. Peresmian juga disaksikan oleh Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar dan Pimpinan BURT DPR RI secara virtual.***

Sumber: dpr.go.id
Editor: amran

x

Check Also

BUMD Rohil Bersama DPRD Perjuangkan Penambahan Kuota Solar ke Pertamina

Pekanbaru – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PD. Sarana Pembangunan bersama Komisi B DPRD dan ...