Home » Parlementaria » Komisi VI Apresiasi Taspen Luncurkan Program Wirausaha Pensiunan
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Muhammad Hekal

Komisi VI Apresiasi Taspen Luncurkan Program Wirausaha Pensiunan

SumatraTimes.co.id – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal mengapresiasi langkah PT (persero) Taspen dalam meluncurkan program Wirausaha Pintar untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Kios Warga.

Dimana, aparatur sipil negara (ASN) yang telah pensiun akan dilibatkan, agar bisa terus meningkatkan produktivitas di hari tuanya.

Pemaparan tersebut disampaikan Hekal usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi VI DPR RI dalam rangka Pemantauan Pelaksanaan Kegiatan Penyaluran Pinjaman oleh PT Pegadaian (Persero), PT Taspen (Persero), PT Danareksa (Persero), di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (3/12/2020).

“Meski program terbaru Taspen di Kalbar tersebut baru mencapai jumlah 200 peserta, namun demikian yang sudah bisa mendapatkan keuntungan sudah mencapai angka 7 dari 200 peserta pensiunan. Terlebih, jika ditinjau dari sisi bahwa program Wirausaha Pintar melalui Kios Warga tersebut baru berjalan satu tahun,” ujar Hekal.

Politisi Fraksi Partai Gerindra ini mengungkapkan pencapaian tersebut terbilang bagus, mengingat pada umumnya setiap usaha perlu jangka waktu satu hingga dua tahun untuk mencapai target balik modal dan keuntungan. Tak hanya itu, Hekal menuturkan Komisi VI DPR RI memuji prosedur pengambilan uang pensiun yang kini tidak harus datang secara fisik namun sudah melalui program online.

“Sehingga, dana pensiun yang telah diambil dapat dimonitor tanpa harus hadir secara fisik. Pun demikian, bagi yang hadir fisik bisa diselesaikan dalam jangka waktu hanya satu jam. Hebatnya, jika tidak sampai satu jam maka Taspen setempat mendapatkan penalty, yakni wajib memberikan ganti rugi berupa souvenir. Saya apresiasi hal tersebut,” pungkas Hekal.

Direktur Operasional PT Taspen Mohammad Jufri menyebutkan, program Taspen ikut ambil bagian dalam program pelatihan dan pembekalan kewirausahaan para calon pensiunan. Hal itu merupakan bagian untuk memberikan peluang bagi para pensiunan untuk mempertahankan kiprahnya setelah pensiun.

“Para pensiunan memiliki potensi besar untuk berwirausaha, namun terkadang sebagian dari mereka perlu dipicu dan di-support agar bisa mendapatkan momen terjun ke dunia wirausaha. Bisnis di zaman sekarang serba bisa dilakukan, bahkan dijalankan dari rumah masing-masing melalui fasilitasi jaringan internet,” papar Jufri.

Turut hadir dalam pertemuan Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto, Direktur Finance dan Manajemen Resiko PT Danareksa Teguh, Anggota Komisi VI DPR RI Subardi (F-NasDem), Mahfudz Abdurrahman (F-PKS), Daeng Muhammad (F-PAN), Elly Rachmat Yasin (F-PPP), Ananta Wahana, Darmadi Durianto, Gilang Dhielfararez, Andre Rosiade (F-Gerindra).***

Editor: amran
Sumber: dpr.go.id

x

Check Also

Paripurna DPRD Rohil: 4 Ranperda Sah Jadi Perda dan 11 Ranperda Disampaikan ke Pemda

BAGANSIAPIAPI, sumatratimes.co.id – Pengesahan 4 ranperda menjadi perda dilaksanakan di ruang sidang utama gedung DPRD ...